Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu!

By | February 29, 2016

indexMumpung masih hangat masalah kalijodoh, yang katanya ada sertifikat tanah nya, saya mau berbagi sedikit informasi cara cek sertifikat untuk para pembaca yang sudah punya rumah / tanah dan yang mau beli rumah / tanah, supaya tidak tertipu dan mendapatkan informasi yang jelas.

Karena saat ini banyak sekali penipuan, bahkan STNK kendaraan bermotor saja banyak yang bodong. Jadi berhati-hatilah, agar semua surat-surat di cek agar tidak mendapatkan barang bodong.

Berikut ini cara untuk cek sertifikat tanah :

Datangi Kantor BPN Terdekat
Agar tidak tertipu dengan sertifikat palsu, Anda bisa datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) terdekat yang ada di kota Anda. Setiap pemilik berhak mengetahui keaslian dari sertifikat properti yang dimilikinya.
Hal ini sesuai dengan yang dimuat dalam pasal 34 PP No. 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah yang menyatakan bahwa setiap orang yang berkepentingan memiliki hak untuk mengetahui data fisik dan data yuridis yang tersimpan di dalam peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur dan buku tanah.
Adapun dokumen yang perlu dibawa ke BPN untuk mengecek keaslian sertifikat antara lain:
1. Sertifikat asli hak atas tanah
2. Salinan identitas diri pemohon dan atau kuasanya yang telah dilegalisir
3. Surat kuasa jika pengecekan keaslian sertifikat dikuasakan ke orang lain
4. Surat permohonan

Datangi Kantor PPAT
Jika Anda tidak sempat atau tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke BPN, Anda bisa meminta bantuan jasa PPAT. Namun prosesnya akan sama, seorang yang bertugas sebagai PPAT akan mengeceknya ke BPN untuk disesuaikan dengan buku tanah yang disimpan di BPN.

Biaya Cek Sertifikat Tanah
Pengecekan keaslian ini biasanya akan memakan biaya. Biaya yang dikeluarkan umumnya sekitar puluhan ribu rupiah atau sesuai dengan kebijakan di kantor pertanahan di daerah masing-masing. Dalam pengecekan serfikat di kantor BPN akan memakan waktu berhari-hari, jadi mohon bersabar.

(Visited 1,422 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *